Selasa, 29 Oktober 2019

Penjelasan Mengenai Gambar DMA

 
















Direct Memory Access (DMA) adalah sebuah fitur yang memungkinkan sebuah hardware tambahan pada system bus untuk membantu I/O device/process mengakses main memory secara langsung tanpa harus menunggu perintah CPU, sehingga CPU dapat digunakan untuk process lain. Hardware tambahan ini umumnya disebut DMA module. Cara kerja DMA adalah sebagai berikut, disajikan dalam 4 langkah seringkas mungkin.
  • CPU memberikan sinyal pada DMA module bahwa ada I/O interrupt.
  • DMA module mengambil alih process I/O, mengambil memory yang berkaitan dari CPU dan memasukkannya dalam address register di DMA.
  • Sementara CPU melakukan process lain, DMA mengatur I/O process hingga selesai dengan mengikuti pointer yang ada di register.
  • Register dan memory yang berubah dikembalikan pada CPU setelah I/O process selesai.
Dalam I/O Management di Sistem Operasi, DMA sangat berpengaruh untuk menghindari CPU yang terlalu lama menangani I/O request. Secara kecepatan akses dan respon serta data rate, I/O device umumnya membutuhkan waktu jauh lebih lama dari pemrosesan process pada umumnya. Sehingga daripada CPU disia-siakan untuk menunggu, dibuatlah DMA module yang mendukung DMA.

DMAC (Direct Memory Access Controller)
Direct memory access (DMA) adalah suatu alat pengendali khusus disediakan untuk memungkinkan transfer blok data langsung antar perangkat eksternal dan memori utama, tanpa intervensi terus menerus dari prosesor. Transfer DMA dilakukan oleh sirkuit kontrol yang merupakan bagian dari antar muka perangkat I/O. Istilah ini yang sering banyak kita ketahui adalah sebagai kontroler DMA. Kontroler DMA melakukan fungsi yang biasanya dilakukan oleh prosesor pada saat mengakses memori utama (yang sering disebut RAM). Untuk setiap word yang ditransfer, kontroler ini menyediakan alamat memori dan semua sinyal bus yang mengontrol transfer data. 

I/O Interface
I/O (input/output) interface adalah peralatan yang dimana informasi dapat masuk  dan keluar dari perangkat seperti computer. Dalam komputasi input output adalah komunikasi antara system pengolahan informasi dan dunia luar. Input adalah sinyal atau data yang diterima oleh system dan output adalah sinyal atau data yang dikirim dari itu. 

CPU (Central Processing Unit)
CPU atau Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang memiliki tugas untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Karena merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah komputer, CPU sering disebut juga sebagai processor. Cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah computer cukup ditentukan oleh kualitas dan teknologi dari CPU yang digunakan.

Address Bus
Address Bus adalah arsitektur bus komputer yang digunakan untuk mentransfer data antar perangkat yang diidentifikasi oleh alamat perangkat keras memori fisik (alamat fisik), yang disimpan dalam bentuk angka biner untuk memungkinkan bus data mengakses penyimpanan memori.


Data Bus
Data Bus adalah jalur‐jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing‐masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.

 
Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel.

 
Memori
Memori atau yang disebut sebagai memori fisik ataupun memori internal adalah media yang menyimpan data atau informasi sementara pada komputer . Memori merupakan komponen yang penting didalam suatu komputer yang berada didalam CPU (Central Processing Unit). Memori ini akan menyimpan setiap program dan data yang diproses oleh prosesor.







 Sumber:
 https://taryainunhannif.blogspot.com/2014/02/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_42.html
 http://berto-amiarno.blogspot.com/2014/01/contoh-io-interface.html
 https://www.nesabamedia.com/pengertian-memori/
 https://rifqimulyawan.com/pengertian-address-bus.html
 https://www.immersa-lab.com/pengertian-cpu-dan-fungsinya.htm
 http://anggaprabowoaji.blogspot.com/2017/11/pengertian-data-bus-control-bus-dan.html
https://idearys.wordpress.com/2018/02/28/operating-systems-cara-kerja-dma-direct-memory-access/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar